Berbagi Informasi & Skill Teknologi Informasi

Editors Picks

Perpustakaan Cak Nur di Fakultas Adab UIN Jakarta

Perpustakaan Cak Nur
Alhamdulillah, menjelang bulan Ramadhan 1437 H atau tepatnya 27 Mei 2017, koleksi pribadi Prof. Dr. Nurcholish Madjid dipindahkan ke Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Suatu kebanggaan dan kesyukuran koleksi Cak Nur ini bisa berada di Fakultas Adab UIN Jakarta. Sivitas akademika kampus dapat mengakses koleksi ini dengan mudah. Diperkirakan sekitar 6 ribuan koleksi yang terdiri dari buku-buku bacaan beliau, karya-karya beliau sendiri, jurnal, kumpulan makalah, arsip, dan sebagainya.  

Awalnya, ini merupakan inisiatif Ommy Komariah Madjid, Istri  alm. Prof. Dr. Nurcholish Madjid yang kemudian disambut positif oleh Prof. Dr. Azyumardi Azra, Direktur Pascasarjana dan Prof. Dr. Sukron Kamil, Dekan Fakultas Adab & Humaniora UIN Jakarta.  Fakultas Adab ini dulunya merupakan fakultas di mana alm. Cak Nur pernah menimba ilmu. Harapannya, bukan hanya sivitas Fakultas Adab saja yang bisa menikmati koleksi tersebut, tetapi juga masyarakat umum yang haus akan ilmu pengetahuan khususnya pemikiran islam. 

Beberapa mahasiswa dari Program Studi Ilmu Perpustakaan di Fakultas yang sama, diberi kepercayaan untuk mempraktekkan keilmuan dan keterampilan mereka dalam mengolah dan menata koleksi Cak Nur.  Ke depannya, Koleksi ini dapat diakses secara online di URL http://opac-caknur.fah.uinjkt.ac.id.   

Share:

No comments:

Post a Comment

Translate

Archive

Recent Posts

Statistics

My Stats