Berbagi Informasi & Skill Teknologi Informasi

Editors Picks

Elearning Berbasis Google Class Room




Google Class Room saya sering menyebutnya GCR di hadapan mahasiswa. Meskipun sederhana jika dibandingkan dengan kompleksititas CMS E-Learning lainnya, seperti Moodle, Claroline, atau sejenisnya, namun cukup lumayan digunakan untuk mendukung aktivitas perkuliahan.


Beberapa fitur yang dimiliki GCR :


1. Membuat Kelas

Bisa dibuat per-kelas sesuai dengan mata kuliah yang diampuh, misalnya saya mengampu mata kuliah Digital Marketing. Jika Anda mengajar 1 mata kuliah di 2 kelas pararel, maka buatlah 2 kelas dengan membedakan kelasnya masing-masing, misalnya 4A dan 4B serta tuliskan tahunnya. Jadinya seperti ini, Digital Marketing (4A-2018) dan kelas lainnya, Digital Marketing (4B-2018).  





2. Mengarsipkan semua kelas.

Setiap kelas yang dibuat akan terarsip dengan rapi dari semester ke semester. Kita bisa dengan   mudah membuka dan menelusuri semua kelas yang pernah dibuat sehingga bisa menjadi bahan feedback pengajaran ke depannya.   




3. Membuat kategori topik pembelajaran selama 1 semester.
Kita bisa membuat kategori topik yang memudahkan pengajar dan mahasiswa dalam belajar. Semua posting informasi pembelajaran akan dikelompokkan berdasarkan topik yang ada. Mahasiswa bisa mengklik setiap kategori topik yang ada. 




4. Informasi Pengumuman dari dosen terkait pembelajaran.  
Dosen ataupun mahasiswa dapat memberikan informasi atau pengumuman terkait dengan pembelajaran. Informasi tersebut dapat dibaca oleh semua anggota yang bergabung di kelas online tersebut.



5. Berkomentar, seperti halnya media sosial lainnya. 
Dosen ataupun mahasiswa dapat memberikan komentar dan umpan balik terhadap informasi yang diberikan.




6. Mahasiswa dapat mengupload presentasi mereka dalam berbagai format, seperti PDF, PPT, link dari Youtube dan Link URL. 



7. Pemberian Tugas
Dosen dapat memberikan tugas kepada mahasiswa dengan mudah termasuk dalam bentuk pengiriman file projek. File tugas tersebut akan terkumpul dengan rapi dan dengan mudah dapat diunduh oleh dosen.



8. Penilaian Tugas oleh Dosen
Dosen dapat langsung memberikan nilai di Google Class Room terhadap setiap tugas yang diberikan sehingga mahasiswa langsung dapat mengakses nilai mereka masing-masing.




9.  Membuat Pertanyaan
Dosen dapat mengajukan pertanyaan atau soal kepada mahasiswa untuk dijawab. Bahkan ini bisa juga digunakan untuk ujian online secara realtime dan serentak.





10. Berkomunikasi via Email Mahasiswa
Dosen dapat berkomunikasi secara pribadi kepada mahasiswa melalui email dengan mengaksesnya di Google Classroom. 




11. Memantau Akun Mahasiswa
Dosen dapat memantau perkembangan setiap mahasiswa dengan mengklik akun-akun mereka di Google Classroom.


Demikian ulasan saya mengenai penggunaan Google Class Room ini. Semoga bermanfaat.  





 


Share:

No comments:

Post a Comment

Translate

Archive

Recent Posts

Statistics

My Stats